a
Don’t _miss

Wire Festival

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Nullam blandit hendrerit faucibus turpis dui.

<We_can_help/>

What are you looking for?

>Business >Sustainable Development Goals Adalah: Pengertian Dan 4 Manfaatnya Untuk Bisnis
Sustainable Development Goals Adalah Pengertian Dan 4 Manfaatnya Untuk Bisnis

Sustainable Development Goals Adalah: Pengertian Dan 4 Manfaatnya Untuk Bisnis

Indonesia Sustainability SDGs atau sustainable development goals adalah seperangkat tujuan, target, dan indikator universal baru yang diharapkan dapat digunakan oleh negara-negara anggota PBB untuk membingkai agenda dan kebijakan politik mereka selama 15 tahun ke depan. Seperti yang sudah diketahui, keberlanjutan adalah sebuah konsep yang berkaitan dengan pengembangan produk, barang, dan jasa yang melibatkan pemenuhan kebutuhan kita saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri. 

Sustainable sebagai salah satu konsep yang mengakui bahwa lingkungan adalah sumber daya yang dapat habis. Oleh sebab itu, penting untuk memanfaatkan lingkungan dan sumber dayanya dengan rasional serta melindunginya demi kebaikan Bumi, lingkungan kita, umat manusia, & semua makhluk hidup. Sementara kebanyakan orang mengaitkannya dengan lingkungan, keberlanjutan dapat dieksplorasi dalam berbagai konteks lain, termasuk pembangunan ekonomi dan tanggung jawab sosial. 

Konteks tersebut meliputi daya dukung bumi, keberlanjutan ekosistem, pekerjaan, pola perilaku, dan sebagainya. Dalam masyarakat yang berkelanjutan, manusia hidup selaras dengan lingkungan alam, melestarikan sumber daya untuk generasi mendatang, sehingga setiap orang menikmati keadilan sosial dan kualitas hidup yang tinggi. Oleh sebab itu sustainable development goals adalah hal yang cukup berpengaruh dalam hal ini.

Apa Itu Sustainable Development Goals?

Para pemimpin dunia secara resmi mengesahkan Agenda sustainable development goals adalah sebagai kesepakatan pembangunan global. Peresmian tersebut dilakukan 25 September 2015 di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan dihadiri sekitar 193 kepala negara, termasuk Wakil Presiden RI Jusuf Kalla juga meratifikasi Agenda SDGs.

Dengan tema “Changing Our World: Agenda 2030 for Sustainable Development”, sustainable development goals adalah seperangkat tujuan yang memuat 17 Goals dan 169 Targets merupakan rencana aksi global untuk 15 tahun ke depan yang mulai efektif 2016 hingga 2030 mendatang. Sustainable development goals adalah  hal yang memiliki tujuan untuk mengentaskan kemiskinan, mengurangi ketimpangan dan melindungi lingkungan. Sustainable development goals adalah kesepakatan pembangunan global yang berlaku untuk semua negara (universal), sehingga semua negara tanpa terkecuali negara maju memiliki kewajiban moral untuk mencapai tujuan dan target SDGs.

Untuk Siapa Sustainable Development Goals?

SDGs atau Sustainable Development Goals adalah hal yang ditujukan untuk semua orang mulai dari  pembuat kebijakan, masyarakat sipil, bisnis, akademisi, dan setiap individu. Di tingkat politik, mereka menyediakan kerangka kerja untuk tindakan yang akan diambil oleh pembuat kebijakan, dan delegasi pemerintah melaporkan kemajuan setiap tujuan setiap tahun ke Forum Politik Tingkat Tinggi PBB. Namun seiring dengan sektor publik, sangat penting bahwa sektor swasta dan perusahaan terlibat dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

17 Tujuan Sustainable Development Goals (SDGs)

17 Tujuan sustainable development goals adalah sebagai berikut ini:

  1. Tidak Ada Kemiskinan – Pertumbuhan ekonomi harus inklusif guna menyediakan kesempatan kerja yang berkelanjutan serta mendorong kesetaraan.
  2. Nol Kelaparan – Dalam hal pangan dan pertanian memberikan solusi kunci untuk pembangunan, serta menjadi pusat pengentasan masalah kelaparan sekaligus kemiskinan.
  3. Kesehatan dan Kesejahteraan yang Baik – Memastikan kehidupan yang sehat dan mempromosikan kesejahteraan bagi semua orang di segala usia sangat penting untuk pembangunan berkelanjutan.
  4. Kualitas pendidikan – Memperoleh pendidikan yang berkualitas adalah dasar untuk meningkatkan kehidupan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan.
  5. Kesetaraan gender – Kesetaraan gender bukan hanya hak asasi manusia yang mendasar, tetapi juga pondasi yang diperlukan untuk dunia yang damai, sejahtera, dan berkelanjutan.
  6. Air Bersih dan Sanitasi – Air bersih dan dapat diakses untuk semua adalah bagian penting dari dunia yang ingin kita tinggali.
  7. Energi Terjangkau dan Bersih – Energi adalah pusat dari hampir setiap tantangan dan peluang besar.
  8. Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi – Pertumbuhan ekonomi yang sustainable dapat mendorong masyarakat untuk mewujudkan situasi yang memungkinkan semua orang untuk mendapatkan pekerjaan yang berkualitas.
  9. Industri, Inovasi, dan Infrastruktur – Melakukan Investasi pada infrastruktur menjadi hal yang cukup penting dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.
  10. Mengurangi Ketimpangan – Untuk mengurangi ketidaksetaraan, kebijakan harus bersifat universal pada prinsipnya, memperhatikan kebutuhan penduduk yang kurang beruntung dan terpinggirkan.
  11. Kota dan Komunitas Berkelanjutan – Diperlukannya masa depan di mana kota memberikan kesempatan yang sama bagi semua, dengan akses menuju layanan dasar, energi, transportasi,  perumahan, dan banyak lagi.
  12. Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab – Produksi dan Konsumsi yang Bertanggung Jawab
  13. Aksi Iklim – Perubahan iklim adalah tantangan global yang mempengaruhi semua orang, di mana saja.
  14. Kehidupan di Bawah Air – Pengelolaan yang tepat terhadap sumber daya global yang cukup penting ini menjadi ciri utama dari masa depan yang berkelanjutan.
  15. Kehidupan di Darat – Memperlakukan hutan secara berkelanjutan, menindak lanjuti penggurunan, menghentikan serta membalikkan degradasi lahan, menghentikan kepunahan keanekaragaman hayati
  16. Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Kuat – Akses keadilan untuk semua, dan membangun institusi yang efektif dan akuntabel di semua tingkatan.
  17. Kemitraan untuk Tujuan – Merevitalisasi kemitraan global untuk pembangunan berkelanjutan.

Apa manfaat SDGs bagi Bisnis?

SDGs atau sustainable development goals adalah hal yang memfasilitasi penyelarasan strategi perusahaan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Mereka menyoroti bidang inovasi dan dapat membantu membuka pasar baru. Itulah sebabnya topik peluang sangat relevan dalam konteks 17 tujuan. Untuk UKM yang menerapkan SDGs, manfaat dapat mencakup hal-hal berikut:

Mengenali peluang masa depan – Salah satu manfaat dari sustainable development goals adalah semakin banyak inovasi muncul dari perubahan perilaku konsumen, tetapi juga dari meningkatnya tekanan dari perusahaan sosial yang memasuki pasar dengan solusi inovatif dan berkelanjutan. Hal ini dapat mengarah pada pengembangan lebih lanjut dari proses bisnis atau produk dalam hal keberlanjutan, tetapi juga pada pengembangan jenis solusi baru.

Daya tarik sebagai pemberi kerja –  Khusus untuk talenta muda, sangat menarik apakah dan bagaimana calon pemberi kerja menjalankan tanggung jawab sosialnya dengan serius. Perusahaan yang secara strategis dan kredibel berorientasi pada tujuan keberlanjutan memiliki peluang lebih baik untuk meyakinkan talenta ini untuk bergabung dengan mereka.

Kemitraan dan sinergi baru –  Bekerja sama dengan pihak lain untuk menyukseskan SDGs adalah elemen pemersatu yang kuat.

Reputasi positif perusahaan – sustainable development goals adalah menciptakan reputasi yang baik. Mengkomunikasikan keterlibatan perusahaan dengan SDGs secara internal dan eksternal dapat meyakinkan karyawan dan pemangku kepentingan eksternal dan mengubahnya menjadi pengganda atau pendukung.

Apakah Perusahaan Sudah Berkontribusi untuk SDGs?

Banyak pengusaha dan perusahaan, terkadang tanpa menyadarinya, telah berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan. Mereka melakukan banyak hal, misalnya, tindakan perusahaan dalam  sustainable development goals adalah sebagai berikut:

1) Menjaga kesejahteraan dan kesehatan karyawannya (Tujuan SDGs 3)

2) Mengetahui kondisi di mana rantai pasokan mereka beroperasi (Tujuan SDGs 8, 12)

3) Melakukan langkah-langkah yang mengurangi jejak karbon perusahaan mereka (Tujuan SDGs 13).

4) Membayar karyawan secara adil dan dengan cara yang netral gender (Tujuan SDGs 5, 8)

5) Memberikan waktu kepada karyawan untuk terlibat dalam kegiatan sosial (target tergantung pada jenis keterlibatan)

6) Secara aktif mendukung kebaikan bersama di komunitas mereka (tujuan tergantung pada jenis dukungan)

Selain perusahaan, peran perempuan bidang sustainability juga sangat berharga dalam mewujudkan Sustainable Development Goals. Untuk itu Indonesia Sustainability hadir dengan berbagai program penghargaan salah satunya adalah untuk para wanita profesional yang telah memimpin inisiatif terkait keberlanjutan. Daftar segera dan kunjungi websitenya di https://indonesiasustainability.com sekarang juga!